Reyog Ponorogo Mengguncang IPB

barengBogor, IPB. Setelah dari bulan Juli mempersiapkan pementasan Reyog akhirnya Minggu, 2 Desember 2007 Reyog Ponorogo bisa tampil dan memukau seluruh penonton yang memadati GWW IPB dalam Gebyar Nusantara IPB 2007. Pertunjukan Reyog kemarin bukan merupakan reaksi atas isu klaim Malaysia terhadap Reyog, namun pertunjukan itu merupakan sebuah program kerja Keluarga Mahasiswa Ponorogo di IPB (KMPB) MANGGOLO PUTRO yang bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan rasa cinta terhadap kesenian daerah.

Pagelaran Reog tadi malam sungguh membuat penonton terkesima dan memberikan applaus besar, Pak Mactik pun terksemia dan selalu geleng2 kepala menandakan bagaimana beliau terpesona oleh kelincahan dan keindahan tarian yang dibawakan oleh Paguyuban Seni Reyog Mahasiswa Simo Budi Utomo UNMUH Ponorogo. Sebagai pembuka pagelaran para Warok tampil dengan gagah dan “sangar” menandakan kehebatan dan kewibawaannya. Kemudian disusul oleh Jathil yang menggambarkan pasukan berkuda yang selalu mengawal. Pujangganong menyusul dengan ciri khas topeng yang sangar mempunyai kelincahan dalam berperang, lucu, dan cekatan yang menggambarkan sebgai Patih dari Prabu Klono Sewandono. Dan kemudian muncul dua buah Dhadak Merak yang menggambarkan sebagai Singa Barong. Singa Barong merupakan kompetitor Paru Klono Sewandono dalam merebut hati Dewi Songgolangit yang cantik jelita, putri dari kerajaan Kediri.

“Wah, saya baru melihat tarian yang seperti ini, benar-benar luar biasa”, Salah satu komentar dari mahasiswa asal Aceh. Yah, begitulah tanggapan dari para penonton yang berjumlah kurang lebih 3000 orang. Pagi harinya kami mendapat SMS dari salah satu petingi IPB yang berhubungan dengan promosi “Luar biasa salut buat Ponorogo…”. Begitulah kira-kira tanggapan sebagian kecil dari penonton.

Penyelenggaraan Reyog Ponorogo Goes to Campus terlaksana berkat bantuan berbagai pihak. Kami mengucapkan beribu terima kasih kepada:

  1. Pemerintah Kabupaten Ponorogo
  2. Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. UniversitasMuhammadiyah Ponorogo
  5. Badan Eksekutif Mahasiswa KM IPB
  6. Paguyuban Seni Reyog Mahasiswa “Simo Budi Utomo” Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Secara khusus kami juga mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Drs. Gunardi, M.Si.
  2. Ibu Dr. Ir. Sriani Suprihatini, MS.
  3. Bapak Judiono
  4. Bapak Bambang Wibisono
  5. Ibu Wiwik DP
  6. Para donatur yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu
  7. Dan kepada seluruh panitia, tanpa kehadiran kalian kita bukan berarti apa-apa.

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dalam penyelenggaran kegiatan ini. Kami mohon maaf atas segala khilaf. Harapannya semoga dengan kegiatan ini rasa cinta terhadap kesenian nasional kembali tertanam dan senantiasa melestarikan kebudayaan nasional. Untuk rekan-rekan Universitas Muhammdaiyah Ponorogo semoga kerjasama dan silaturahmi yang telah terjalin dapat terus dilanjutkan dalam berbagai hal demi terwujudnya tatanan masyarakat yang lebih baik.(wongbagoes)

Salam dari Bogor

~ by manggoloputro on December 4, 2007.

25 Responses to “Reyog Ponorogo Mengguncang IPB”

  1. hallo sobat ponorogo yang di IPB….
    aku seneng banget lho, waktu ketemu sedulurku ponorogo yang berada di IPB apalagi kalian semua orngnya ramah2..

    trus kebanggaan bagi kami lho.. bisa pentas di IPB,
    eh, kapan ya kami bisa main… ke ipb lagi…..

    buat sedulurku manggolo putro di ipb.. kalo sedulur pulang ke kota reog . jangan lupa main ke sanggar simo budi utomo ya….
    tak tunggu lo…
    salam buat semua sedulur manggolo putro di ipb…

  2. Sedulurku Ponorogo…
    Kita mengucappkan banyak terima kasih. Dan salut buat rekan2 UNMUH yang telah memberikan yang terbaik buat pagelaran kemarin. Penonton terkesima dengan penampilan rekan2 semua.

    Insya 4JJI klo pulang kita akan maen ke sanggar Simo Budi Utomo. N kita tunggu di lain waktu ke Bogor.

    salam buat seluruh crew Simo Budi Utomo, mas Haris, mas Johan, (Mas Badak, Mas Ali) sing ginep neng kosanku. Oya, ada jaket cewek yg ketinggalan di penginapan. Kemarin lupa mo bilang…

    Pun ngoten mawon, semoga silaturahmi tetap terjalin.

    Salam,..

  3. buat tmn2ku skaligus sodara2ku anak reog diIPB, dengan bangga dan skaligus terharu kami sedulur PSRM Simo Budi Utomo menghanturkan makasih yang tak terbatas,atas sgalanya yang kalian berikan kpd kami slama disana!!!!!!smoga hubungan ini tetap terjalin sampai dilekang jaman….saya haturkan salam kpd semua sedulur di IPB,khusus mas Di2k makasih atas pengertiannya atas kekoyolan yg saya buat slama disana???? SEMOGA KITA DIPERTEMUKAN KEMBALI.

  4. malam kang johan….
    aku teringat ketika ama mas johan waktu di gww. mas johan yang baik hati…
    makasih ya……

  5. terakhir saya lihat pertunjukan reog adalah kelas 4 SD di halaman rumah Pak Lurah saya. waktu itu saya takut lihat reog, karena selain aksesorisnya bikin serem, permainan reog selalu mengandalkan mistik dan minum-minuman keras. sampai akhirnya tertanam mindset negatif pada pikiran saya tentang reog. tapi kemaren malam saya bisa membuktikan, bahwa reog memang kesenian yang luar biasa dan patut untuk dibanggakan. kesenian reog yang dibawakan dan dikembangkan oleh mahasiswa kemaren mampu merubah paradigma saya tentang seni asli kota kelahiran saya itu. reog dapat tampil memukau penonton tanpa harus bergantung pada kekuatan mistik dan minuman keras. saya yakin temen2 mahasiswa UNMUH ponorogo adalah orang2 yang intelektual, jadi secara bertahap paradigma negatif tentang reog akan semakin hilang. reog memang menggambarkan orang2 yang kuat dan perkasa. Dan bukan suatu hal yang mengherankan, jika wong2 ponorogo iso ngangkat reog.
    SAYA BANGGA MEMILIKI KESENIAN REOG PONOROGO…
    SAYA BANGGA DADI PUTUNE WAROK…
    REOG’E…HOK..YA…HOK…YA…

  6. Tahun 1998 lalu ku tinggalkan kota Reog yang memang sangat mengesankan bahkan banyak sekali pelajaran yang aku dapat hingga hari ini aku bisa seperti ini, terima kasih buat KMPB IPB dan juga temen-temen Ponorogo semua yang aku gak bisa sebutin satu-satu, yang jelas malam senin lalu saya pribadi sangat tersentuh dan juga merupakan rahmat dan nikmat dari Allah SWT untuk bisa menyaksikan kembali kehadiran Reog yang selama 9 tahun ini aku belum saksikan kembali, dan juga permohonan maaf kepada semua panitia KMPB yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dan saya pribadi merasa sangat IMPRESSED dengan kesenian REOG dari saudara-saudari kita Paguyuban Seni Reyog Mahasiswa Simo Budi Utomo UNMUH Ponorogo pokoknya you are the BEST…… dan pokoke PONOROGO APIK TENAN REK’

  7. Sukses buat poro generasi penerus warok nek mBandung atas terselenggaranya acara.

    Masio ga iso ndelok lsg..hehe
    Semoga bisa menjadi salah satu kampanye budaya PONOROGO

    Salam
    PAWARGO Balikpapan

  8. wahh sangat merinding membaca warta tentang reog ponorogo dan komentar para petinggi dan temen2 dari IPB,, saya merasa semangatnya temen temen pasti menggelora .. andai tahu tanggal dan tempatnya tentu kami ikut juga nonton sukses untuk kalian semua..

  9. Wuih sorry, yang dari Omda ngawi gak bisa dateng, coz ra ono Omdane, durung dibentuk. Tapi dhek wingi Sip tenan.

  10. Ass.. mas wili dan kawan2 gmn kbr? mkasih mas wili dan smua rekan2!!! Salam ya bat tmen2 smua…

  11. thanxz bat smua..! bat mas Ali,mas Rizki,mas Wili dan smua temen2..! ax bangga bisa liat reog tuk pertama kalinya di kota bogor.. sungguh moment yang tak bisa terlupa.. makasih sodaraku!!!!

  12. Terima kasih atas semuanya… dukungannya, apresiasinya, dan doanya. Yang di Ngawi kita tunggu aksinya… Bwt mas dwi makasih mas…

    danang yo opo kabre?

  13. kbr baek, ne ax mo ngeprint “reog mengguncang ipb” bat ax tempelin di sanggar,biar temen2 yang g’ ikut ke bogor ‘n lom sempet liat situs manggolo putro biar tau.. salam bat KMPB smua,ax mewakili simo Budi Utomo…

  14. SALUT ATAS PERJUANGAN MANGGOLOPUTRO DALAM MELESTARIKAN BUDAYA REYOG PONOROGO !!!!
    temen2, ga terasa qta udah menyelesaikan “tugas” RGTC 2007. semua perjuangan qta, pengorbanan qta, baik waktu, materi, maupun tenaga, terbayar sudah dengan suksesnya acara ini. tak lupa kuucapkan sejuta terima kasih kepada temen2 atas kerjasamanya. tanpa kalian, tak mungkin acara ini bisa sukses. sekali lagi matur nuwun sanget kagem poro sedherek.
    ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Institut Pertanian Bogor, UniversitasMuhammadiyah Ponorogo, Badan Eksekutif Mahasiswa KM IPB, Paguyuban Seni Reyog Mahasiswa “Simo Budi Utomo” Universitas Muhammadiyah Ponorogo.tak lupa juga kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam menyelenggarakan acara ini
    (buat temen2Q di manapun kalian berada, kuucapkan terima kasih atas dukungan kalian, special thanks 4 arek2 DOQIZ COMUNITY, we are the best.)

  15. Alhamdulillah….

    Semoga apa yang kita kerjakan kemarin mendapat berkah dari-Nya…
    Semua energi, materi, pikiran, aku yakin gak akan sia-sia…
    Kabeh konco-koncoku omong TOP banget,,sampe ada julukan break dance jawa wt pujangganong-nya….
    te2p semangat kagem kabeh sedulur PONOROGO nang ndi wae…

    kita tebarkan virus CINTA BUDAYA ke dalam generasi muda Indonesia…

    REYOG…….ha’e ha’e

  16. aku juga mo ikut nih…..
    bisa maen di ipb kemaren sangat berkesan sekali skaligus bangga banget.gak nyangka reog ponorogo bisa tampil sampai di bogor.bisa menghibur temen2 di bogor.sampai gak percaya…
    semuanya itu berkat temen2 manggolo putro.skali lagi trima kasih buat manggolo putro atas smuanya.salut buat manggolo putro.smoga persaudaraan kita terus langgeng.buat mas heri”kipik” sukses selalu.sory kmarin pulang gak pamitan.

  17. Hmm,,,,,
    mu coMmenT…
    tentang AD_ART

    gimana yaH….
    jadi foRmal bgT yah,,,,KMPB,,,,
    piiii keren juga C…
    pi aga taKut juga ( loh loh kok bisa)….
    alnya klu gini dah ga maen2….
    masalahnya nak p0 (eh,,,aku denk)…
    suka sak karepe dw,,,(kok curhat yah)
    takut ga bisa ngasi something yang beraRti wat Omda ku he,,he,,,
    pi,,,,ga po po c…
    keren juga,,,
    …..

    da perubahan yang Cukup tu di acungi jempol…
    (4 jempol looohhh,,,,,)

    keren,,keren,,,,wat yang punya ide dan yang bikiiin,,,,

  18. tangkringane cah ngawi koq ora ono yo?
    tanya kenapa?…

  19. Hello. It is test.

  20. Salam sukses bagi generasi muda yang mengembangkan Budaya Reyog Ponorogo.

  21. diumumkan sing nduwe getih ponorogo dari sabang sampai Merauke..
    jangan lewatkan agenda besar manggolo putro “talkshow pertanian di gedung korpri tgl 26 Juli..
    pembicara yang pasti ahli dalm bidang pertanian dan agribisnis..
    datang dan ikuti ya..
    info slanjutnya..
    bisa contak Anies/Lutfi..

  22. Hey guys, I have been reading for a while so thought I would finally post. I’m a little shy because I’m a girl and it seems there are mostly guys here but I wanted to know why it seems you guys don’t have lives. Are the guys with very high post counts really better posters than the ones with less?

  23. Kim Kardashian has revealed that she intended to start trying for babies just four weeks before she decided to split from her NBA husband Kris Humphries. The pair brought an end to their marriage after just 72 days, and it has been one of the biggest talking point in recent times. Many have been criticising Kim Kardashian by saying that the whole marriage was a setup. However, the TV reality star has revealed that she badly wanted to have some babies, and that they were about to try for the same just weeks before splitting.
    One of the main reasons being spoken about for their split has been their work schedule. Kim Kardashian agreed regarding the same by saying that Kris Humphries was keen on relocating to Minnesota, while she was not on the same wavelength.

  24. Yth.Mas Bambang Wibisono di Ponorogo
    Selamat dengan karya karya mas bambang….yg membahana di dunia maya…semoga bisa lahir Generasi-generasi Mas Bambang Sebagai penerus Dunia seni Tari Di Ponorogo dan Di Indonesia Bahkan Di Dunia.
    Concratulation ..with your Aktivity…in you Art…traditional Dancing..With Reog Ponorogo ect amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: