Panduan USMI IPB

Panduan Melamar melalui Jalur USMI (Lampiran 1)

  1. KELENGKAPAN DARI SISWA DAN ORANG TUA/WALI PELAMAR (Lampiran 2, 3, dan 4)

    Semua pasfoto dalam berkas lamaran harus berwarna, terbaru dan berukuran 3×4 cm.

    1. Surat lamaran BERMETERAI yang ditulis tangan oleh pelamar dan disetujui oleh orang tua/wali bahwa ia memang sungguh-sungguh ingin menjadi mahasiswa IPB dan tidak akan menyia-nyiakan tempat yang diberikan kepadanya.
    2. Biodata BERMETERAI diisi dengan tulisan tangan pelamar (Lampiran 4).
    3. Formulir Biaya Pendidikan Program Sarjana di IPB yang diisi oleh Orang tua / Wali (Lampiran 3A2).
    4. Keterangan Kemampuan Diri Pelamar dari Kepala Sekolah (Lampiran 2).
    5. Formulir Pilihan Mayor di Institut Pertanian Bogor (Lampiran 3B).
    6. Fotokopi rapor asli mulai semester I kelas 1 sampai semester I kelas 3 SMA yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
      Tempelkan pasfoto di pojok kiri atas pada lembaran pertama fotokopi rapor.
    7. Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
    8. Bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp 125.000,- (seratus duapuluh lima ribu rupiah) dibayarkan pada waktu melamar untuk diseleksi dan dikirimkan secara berkelompok oleh Kepala Sekolah ke Bank BNI Cabang Bogor pada rekening Rektor IPB Nomor 3895306.
  2. KELENGKAPAN DARI SEKOLAH (Lampiran 5, 6, dan 7)
    1. Mengisi Keadaan SMA (Lampiran 5) beserta lampiran akreditasi sekolah.
    2. Melengkapi Daftar Pelamar (Lampiran 6, dapat diperbanyak sesuai dengan keperluan).
    3. Mengisi Daftar Kesediaan (Lampiran 7, dapat diperbanyak sesuai dengan keperluan).
    4. Menyerahkan bukti pembayaran pendaftaran seleksi sebanyak pelamar, seperti tercantum pada butir A7.

 

Catatan:

Kami belum menerima salinan asli mengenai surat undangan resmi IPB, tetapi tidak akan jauh berbeda dengan surat ini.


31 Responses to “Panduan USMI IPB”

  1. Assalamualaikum..Aku vendo dari SMAN 1 Matur. Rencananya Insya Allah mw masuk ke IPB di Fakultas Ekologi Manuasia jurusan KPM. Aku mw nanya..Andai aku diterima di Fakultas tersebut, aku bisa jadi apa?? dan jika aku g diterima, dipindahin kemana??

    • KPM di ipb beda banget kaya jurusan komunikasi di universitas lain. Kita belajar banyak hal di sini, kita belajar hal yang ga ada di jurusan komunikasi universitas lain. Trus masalah mau kerja dimana itu mah urusan rezeki kali yaahh. hehe. Tapi kita bisa kerja di bidang broadcasting sama atau kemasyarakatan. Banyak kok peluang kerjanya…..
      Semangat yaa !!!

  2. Assalamualaikum aku eneng nila dari sman 1 malangbong mu tanya pa masuk ke ilmu gizi tuch sulit dan bagaimana prospek kedepannya
    makasih

    • w3..ilmu gizi tu keren abizz..prospek kerja insyaALLAH terjamin asal kita serius masuk jurusan ini,.. adek mau masuk lewat jalur snmptn? semoga berhasil dan met ikhtiar..

  3. This looks cool so far, what’s up people?
    If there’s anyone else here, let me know.
    Oh, and yes I’m a real person LOL.

    Later,

  4. sya ardy dr lmpung, yg mau sy tnyakan : Q prnah dger infrmasi kl seumpma thun lalu dr skolah q da yg d trma d IPB biasany thun brikutny da jg yg d trma. msalah q d skolah q thun kmren gx da yg msuk ipb tp thun kmaren ny lg da yg msuk ipb, kra2 thun ini ipb msih bsa trma sswa dr sk0lah q gx ya ? mhon bantuan ny, thx be4.

  5. Oya 1lg, kl mhasiswa bru yg byar Rp 0,- wt pmbyaran awal tu syrat2ny pa ?

  6. asslm.,
    saya ardy, sya mau tnya ne kak. sya pngen masuk ipb tp sya bngung nentuin jursan. antara jur teknik pertanian ma manajemen hutan. mnurut kakak2 smua yg bgus jd pilihan 1 pas daftar USMI teknik pertanian pa manajemen hutan? mohon bantuan ny ya…
    Mkasii…

  7. standart penerimaannya dilihat dari rata-rata atau per nilai?
    nilai biologi saya ada yang 6,4. tapi kalau dirata-rata biologi:71,5 ; bind:71,25 ; bing:75,75 ; mat:82,5 ; fisika:74 ; biologi:71,5 ; kimia 78,5.
    kira-kira bisa ga ya mas?

  8. Askum,
    Saya mau tanya,kalo pelamar USMI bagi yg tdk mampu apa aja keringanannx?dan pmbyrn Rp 0 apa ja prsyrtnx?trmksh

  9. Brapa nilai rata2 yg dapat masuk di jalur usmi n berapa mahasiswa yang diterima dijalur usmi?

  10. aslm,
    Kak, mu nnya.. kan aku ud dtrima usmi, trus kan ad syarat bwt ngisi form ppmb, form ppmb it ap ya? Kok skolah aku g ad form ppmb.nya ya? Tlng d blz ya..

  11. aku mau nanya soal yang usmi nehh
    itu ada ketentuan nilai minimal ga??
    pliss reply my Question
    thx a lot^^

  12. Pendaftaran USMI dibuka kapan ya?
    Klo mau milih tekpang kira2 nilai rata2nya hrs brp ya?
    Please reply ya, makasih

  13. assalamualaikum..
    saya dari sman 1 bangkabelitung mau bertanya apakah prospek kerja kedepan buat tekhnik sipil dan lingkungan?
    lalu kapan ya pendaftaran usmi dibuka?
    mohon infonya ya.
    terimakasih…

  14. untuk wilyah medan, sekolah apa saja ya yang telah atau akan diberikan kesempatan seperti itu?
    saya berminat untuk itu.
    kalau buat informasi lebih lanjutnya saya bolehg gak minta contact person nya dari ipb?

    warm regard and reply🙂

  15. aslm, mau tanya apakah sma swasta bisa mwngikuti usmi ipb ini ?
    dan apakah harus ada surat undangan dari ipb untuk bisa mengikuti usmi ipb ?

  16. pendaftaran USMI dimulai kapan? pendaftarannya online atau gimana? saya pengen ikutan, mohon dibales ya

  17. ass.
    mau nanya, emang usmi tahun ini di tiadakan ? tapi saya udah mengisi formulir dari IPB dan membayar sejumlah uang untuk pendaftarannya . kata guru saya snmptn beda dengan usmi. mohon penjelasannya . terimakasih🙂

  18. saya damang:
    saya ingin tau informasi kelulusan usmi tahun 2011.,.,

  19. saya mau nanya, apakah kalau lewat USMI biaya sekolahnya lebih murah ?
    atau sama saja dengan yg ikut test biasa ? apakah di IPB bisa mendapatkan keringanan biaya bagi yg tidak mampu ?

  20. assalamualaikum,,sya fariz dr banten,,insya Allah sya ingn masuk ipb,,sya ingin msauk fakultas pertanian,tpi sya ga tw fakultas pertanian jurusn app yg bagus????dn bgaimna cra mudh buat masuk k IPB??

  21. mau nanya nih. kalau peringkat kita turun drastis tapi nilai rata-ratanya naik bisa daftar snmptn undangan gak? trus kalo kita daftar disertai prestasi dan sertifikat lain bisa gak?dan peluang masuknya berapa ya???

  22. ass…
    saya mau nanyak neh…
    kalok untuk ngambil berkas seperti yang tersebut di atas tu kita ambil dmn????
    lok bsa dblz lewat e-mail saya aja di muhsukri28@yahoo.com
    thks ea…

  23. asalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu….
    afwan kak… saya Lia dari SMAN 6 Padang…..
    saya pengen banget ni masuk ipb , departement gizi masyarakat….
    nah, kl masuk melalui jalur usmi gmn kak ? kriteria penilaiannya gmn ?

    syukran ^.^

  24. assalamu’alaikum saya mella dari SMAN 5 Kota Bengkulu, mau tanya apakah SMA5 masuk sekolah yang diundang jalur USMI? saya mau masuk teknologi pertanian atau teknologi pangan. mohon kesediaannya untuk menjawab terima kasih😀

  25. Mau nanyaaa .. Nilai minimum u/ pendaftaran usmi berapa ?

  26. ka contoh surat lamarannya itu gimana sih?

  27. assalamu’alaikum saya anggara dari ponorogo. ipb datang ke ponorogo kapan ? kalau boleh minta CP / EMAIL kakak di ipb buat lebih banyak tanya soal ipb. lupa, minta informasi USMI juga kak
    makasih..!

    ke email ya kk. anggara5991@gmail.com

  28. Diterima atau tidaknya dijalur usmi tanggal berapa?

  29. Ass wrwb,
    kak saya Iskandar tinggal di bogor. SMA swasta, mo tanya koq diskul sy gak ada jalur USMI, akreditasi skul A.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: